Laman

KERUSAKAN YANG TERJADI PADA MOUSE

      
      A.    MOUSE TIDAK TERDETEKSI OLEH PC

Masalah  yang sering terjadi pada mouse adalah mouse tidak dikenal oleh PC. Pada saat proses booting, komputer memunculkan pesan bahwa windows tidak mendeteksi adanya mouse yang terhubung dengan komputer.

Analisa pertama untuk melakukan prosedur perbaikan, yang harus dilakukan adalah :
}  Mematikan komputer. Cek apakah kabel mouse telah terpasang dengan benar. Jika perlu lepas dan pasang kembali mouse tersebut untuk meyakinkan koneksinya. Pada saat melepas dan memasang mouse komputer dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting.

Setelah  itu hidupkan kembali komputer. Apabila pesan kesalahan masih muncul, lakukan analisa selanjutnya.
Analisa kedua perlu melakukan pendeteksian driver secara otomatis dengan windows melalui device menager. Langkah yang harus dilakukan adalah :
}  Klik kanan my computer pada dekstop windows
}  Pilih propertis>>hardware>>device menager. Maka akan muncul kotak dialog device menager.
}  Klik mouse tersebut dengan menggunakan keyboard dengan menggunakan tombol Tab pada keyboard.
}  Hapus driver mouse yang lama dengan menggunakan tombol Remove.
}  Setelah itu restart ulang komputer.
    
      B.     POINTER MOUSE YANG SERING MELONCAT – LONCAT

Masalah lain yang sering muncul adalah pointer mouse yang meloncat – loncat secara acak sehingga pemakai kesulitan untuk menggunkan mouse secara tepat dan presisi.
Pada kondisi seperti ini, kemungkinan yang paling besar disebabkan karena kotornya bomponen bola mouse, sehinga mouse tidak seimbang saat digunakan.

Langkah untuk mengatasinya adalah :
}  Buka penutup bola mouse di bagian bawah dengan memutarnya 900 .
}  Keluarkan bolanya dan bersihkan dengan menggunakan air hangat atau alkohol serta sikat dengan menggunakan kuas, lalu di keringkan.

}  Di bagian dalam mouse dapat diamati adanya tiga buah roda. Dua bola berbentuk lebar dan satu bola lagi berbentuk kecil. Kotoran yang menempel pada gerigi dan bantalan bola. Lakukan pembersihan dengan hati-hati sehingga tidak merusak komponen-komponen di dalamnya. 

No comments:

Post a Comment