Laman

KERUSAKAN PADA KEYBOARD

A.    KEYBOARD TIDAK TERDEKSI OLEH PC

Kerusakan yang terjadi pada keyboard adalah tidak dikenalnya keyboard oleh komputer. Pada saat proses boot, tiba-tiba komputer macet dan muncul pesan kesalahan “keyboard error or no keyboard persent”. Pesan tersebut diartikan bahwa pada saat proses booting, komputer tidak mendeteksi adanya keyboard. Jika terjadi  seperti diatas, yang perlu dilakukan adalah :

Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke CPU.
Jika perlu dilepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tepat.
Jika komputer dihidupkan kembali dan pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan pertama adalah terjadi kerusakan pada keyboard.
Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa keyboard tersebut benar-benar rusak.

Jika dengan mengganti keyboard pesan  kesalahan tersebut tetap muncul, berarti bukann keyboardnya yang rusak, tetapi bisa saja port keyboard pada motherboard yang rusak.

B.     MASALAH TERJADI  PADA TOMBOL KEYBOARD

Kerusaka lain yang sering terjadi pada  keyboard adalah tombol keyboard yang sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard tertekan terus. Hal itu mungkin  disebabkan oleh debu yang  sudah menumpuk pada sela-sela tombol keyboard sehingga menyebabkan tombol keyboard macet. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pembersihan pada keyboard. Keyboard dapat dibersihkan dengan menyedot atau menyemprotkan dengan vacum cleaner atau dapat menggunakan kuas. Dan juga dapat dibersihkan dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih atau alkohol. Ingat bahwa proses pembersihan harus dilakukan pada saat komputer sedang mati dan keyboard harus di lepas dari portnya.


No comments:

Post a Comment